UPACARA PERINGATAN HARDIKNAS 2018 BERLANGSUNG HIKMAT

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo menyelenggarakan Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018 di Halaman Sekretariat Daerah, Rabu 2 Mei 2018. Upacara berlangsung hikmat dengan Bupati Wardoyo Wijaya, SH, MH bertindak sebagai Pembina Upacara. Turut hadir dalam jajaran tamu undangan Muspida Plus, Staf Ahli Bupati, Sekda, para Asisten Sekda, dan Kepala OPD. Sedangkan peserta upacara terdiri dari Korpri, PGRI, OSIS, Mahasiswa dan Pramuka.

Dengan tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” peringatan Hardiknas tahun 2018 ini kita jadikan momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah dilakukan dalam dunia pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Hendaknya juga tidak lupa bahwa Pendidikan Nasional dengan dasar Pancasila dan UUD 1945 berakar pada kebudayaan nasional, sehingga terdapat titik temu antara pendidikan dan kebudayaan.

Dalam sambutan Mendikbud RI yang dibacakan Pembina Upacara, disampaikan bahwa cita-cita pendidikan dan kebudayaan nasional hanya bisa terwujud jika kita bekerja keras dan berdaya jelajah luas, untuk menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Guru, orangtua dan masyarakat harus menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkembangkan karakter dan literasi anak Indonesia.

Intinya pendidikan adalah urusan semua pihak, harus bekerjasama, bergandeng tangan dan memikul tanggung jawab bersama sehingga reformasi sekolah, peningkatan kapasitas dan profesional guru, kurikulum yang hidup dan dinamis, sarana prasarana yang andal serta tekhnologi pembelajaran yang mutakhir menjadi kenyataan dalam Pendidikan Nasional Indonesia. (Yk)

Share